Ikan Tuna


Aneka jenis tuna (dari atas): albakora, tuna sirip biru Atlantik, cakalang, madidihang, tuna mata besarTuna adalah ikan laut pelagik yang termasuk bangsa Thunnini, terdiri dari beberapa spesies dari famili skombride, terutama genusThunnus. Ikan ini adalah perenang andal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki dagingberwarna putih, daging tuna berwarna merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobindari pada ikan lainnya. Beberapa spesies tuna yang lebih besar, seperti tuna sirip biru Atlantik (Thunnus thynnus), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam. Kebanyakan bertubuh besar, tuna adalah ikan yang memiliki nilai komersial tinggi.

Tuna memiliki bentuk tubuh yang sedikit banyak mirip dengan torpedo, disebut fusiform, sedikit memipih di sisi-sisinya dan dengan moncong meruncing. Sirip punggung (dorsal) dua berkas, sirip punggung pertama berukuran relatif kecil dan terpisah dari sirip punggung kedua. Di belakang sirip punggung dan sirip dubur (anal) terdapat sederetan sirip-sirip kecil tambahan yang disebutfinlet. Sirip ekor bercabang dalam (bercagak) dengan jari-jari penyokong menutup seluruh ujung hipural. Di kedua sisi batang ekor masing-masing terdapat dua lunas samping berukuran kecil; yang pada beberapa spesiesnya mengapit satu lunas samping yang lebih besar. Tubuh kebanyakan dengan wilayah barut badan (corselet), yakni bagian di belakang kepala dan di sekitar sirip dada yang ditutupi oleh sisik-sisik yang tebal dan agak besar. Bagian tubuh sisanya bersisik kecil atau tanpa sisik. Tulang-tulang belakang (vertebrae) antara 31–66 buah.[1]

Aspek yang luar biasa dari fisiologi tuna adalah kemampuannya untuk menjaga suhu tubuh lebih tinggi daripada suhu lingkungan. Sebagai contoh, tuna sirip biru dapat mempertahankan suhu tubuh 75-95 °F (24-35 °C), dalam air dingin bersuhu 43 °F (6 °C). Namun, tidak seperti makhluk endotermik seperti mamalia dan burung, ikan tuna tidak dapat mempertahankan suhu dalam kisaran yang relatif sempit.[2]

Tuna mampu melakukan hal tersebut dengan cara menghasilkan panas melalui proses metabolisme. Rete mirabile, jalinan pembuluh vena dan arteri yang berada di pinggiran tubuh, memindahkan panas dari darah vena ke darah arteri. Hal ini akan mengurangi pendinginan permukaan tubuh dan menjaga otot tetap hangat. Ini menyebabkan tuna mampu berenang lebih cepat dengan energi yang lebih sedikit.[2]



10 Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan


daging ikan tunaTidak dapat dipungkiri manfaat ikan tuna untuk kesehatan sangat banyak sekali mengingat kandungan gizi yang dikandung didalamnya sangat besar. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki berbagai jenis hasil laut seperti ikan tuna seharusnya bisa dinikmati oleh seluruh penduduk di Indonesia.

Kandungan ikan tuna :
·         Kalori
·         Protein & Amino Acid
·         Karbohidrat
·         Vitamin
·         Lemak & Mineral

Manfaat Ikan Tuna


Manfaat ikan tuna untuk kesehatan setidaknya sangat vital dan minimal ikan tuna memiliki 10 manfaat yang sangat baik untuk kesehatan
1.       Sumber Protein Tubuh
Jika bicara mengenai protein maka yang terbayang dalam otak kita mungkin daging dan telur, namun ternyata ikan tuna juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Kandungan protein ini baik untuk membantu membantu menjaga otot-otot agar tetap kuat. Protein juga baik untuk darah, kulit, rambut dan kuku.
2.       Mencegah Stroke
Ikan Tuna dapat membantu anda menghindari risiko mengalami stroke. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi 1-4 porsi ikan sebagai bagian dari pola makan mereka memiliki risiko 27 persen lebih rendah terserang stroke iskemik. Lima atau lebih porsi ikan per minggu mengurangi risiko stroke hingga 30 persen.
3.       Tekanan Darah Tinggi
Tuna memiliki omega-3 asam lemak yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa daging atau makanan seperti tuna, yang mengandung asam lemak omega-3 membantu menjaga tekanan darah agar stabil. Mereka yang belum memiliki tekanan darah tinggi mendapatkan efek cukup besar dari asam lemak omega-3.Manfaat ikan salmon atau ikan lain yang memiliki kandungan omega 3 asam lemak ini juga sama, yaitu untuk tekanan darah tinggi.
4.       Menurunkan Kadar Trigliserida
Trigliserida merupakan penyusun utama minyak nabati dan lemak hewani. Dengan dua porsi tuna seminggu, Anda dapat menurunkan kadar trigliserida Anda. Mengapa itu hal ini sangat baik untuk kesehatan? Trigliserida dalam aliran darah menunjukkan jumlah lemak yang akan diproses. Jika Anda memiliki trigliserida tingkat tinggi, Anda mungkin juga mengalami tingginya low-density lipoprotein (LDL), atau “kolesterol jahat”, dan rendahnya tingkat high-density lipoproteins (HDL), atau “protein yang baik.” Pada dasarnya kandungan HDL diharapkan lebih tinggi dan LDL dapat rendah, untuk itu makan tuna untuk menurunkan tingkat trigliserida Anda adalah salah satu cara untuk mencapai keseimbangan ini.
5.       Baik Untuk Kesehatan Jantung
Ukuran fungsi denyut jantung yang dikenal sebagai heart rate variability (HRV), dapat ditingkatkan dengan memakn ikan tuna. Sekali lagi, asam lemak omega-3 membantu tuna meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan HRV. Asam lemak Omega-3 juga melindungi jantung dari irama jantung abnormal yang dapat berakibat fatal.
6.       Mengurangi Mencegah Obesitas
Manfaat lain dari asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan tuna adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko obesitas sekaligus meningkatkan respon insulin tubuh. Asam lemak omega-3 mampu merangsang hormon yang disebut leptin, yang membantu metabolisme tubuh dan turut mengatur berat badan dan makanan asupan tubuh. Tuna juga rendah kalori dan memiliki kandungan lemak baik, makanan ini cukup aman dikonsumsi bagi anda yang khawatir obesitas.
7.       Penyakit Jantung
Ikan tuna juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Fakta ini didukung karena  tuna dapat membantu meningkatkan rasio HDL untuk LDL dalam tubuh memungkinkan menangkal peningkatan risiko penyakit jantung, terutama ketika anda sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan kadar kolesterol.
8.       System Imunitas Tubuh
Ikan tuna merupakan sumber Selenium, antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Manusia. Sistem kekebalan tubuh adalah bagian penting dari tubuh yang merupakan bagian integral untuk melawan penyakit dan infeksi.
9.       Sumber Vitamin B
Vitamin B terdapat dalam tuna dapat membantu membangun dan memelihara sel-sel darah merah dan meningkatkan energi. Vitamin yang larut dalam air ini meningkatkan laju metabolisme, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kesehatan kulit.
10.   Mencegah Kanker
Konsumsi secara teratur ikan tuna dapat mengurangi resiko kanker payudara, selain itu lemak ikan tuna ini juga dipercaya dapat mencegah kanker ginjal.

Merkuri Pada Tuna dan Efeknya Pada Janin Ibu Hamil

ikan tunaDibalik manfaat makanan laut yang cukup baik untuk tubuh kita, ada satu hal yang harus kita perhatikan yaitu kandungan merkuri. Walau manfaat ikan tuna untuk kesehatan cukup banyak sekali ternyata konsumsi ikan ini juga harus diperhatikan karena tidak sedikit yang mengandung Merkuri. Efek ini disebabkan oleh lingkungan tempat ikan tersebut, bisa kita katakan air laut yang tercemar tempat tuna bermukim akan sangat berbahaya bagi perkembangan janin dan bayi. Kandungan merkuri sangat berdampak besar pada kelainan janin yang sedang dikandung yang artinya sangat berbahaya.
Tips Memilih Tuna
Tuna yang mengandung merkuri atau yang terkontaminasi memiliki ciri fisik yang berbeda sesuai dengan kandungan merkuri tersebut. Tuna yang memiliki fisik kuning memiliki kandungan merkuri yang lebih rendah dibandingkan dengan tunah putih atau albacore. Untuk wanita hamil disarankan tidak mengkonsumsi lebih dari 6 ons tuna ‘putih’ per mingguLayanan Kemanusiaan.
Ikan memiliki segudang manfaat mulai dari lemak, daging, hingga minyaknya. Manfaat minyak ikan juga dapat membantu menjaga kesehatan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk Kita Buka Bersama di Gubug Udang dengan Udang Bakar Madu dan Gurame Bumbu Cobek.........

 
  • Gubug Udang © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes